nota untuk tahun-tahun tanpamu: Kumpulan Puisi Darryl Haryanto

Kumpulan puisi ini: soto ayam pak yanto sekali laginota untuk tahun-tahun tanpamu, dan begini bagaimana aku hidup sekarang ditulis oleh Darryl Haryanto. Seorang penulis, pembuat-pertunjukan, dan palugada. Bergerak di penerbit buku anak Cipacana dan kolektif pertunjukan Karangdunyo.


soto ayam pak yanto sekali lagi

nyarap belum selesai, britney, aku masih mau
semangkok soto ayam pak yanto sekali lagi
waktu malu-malu
obrolan kecil bangun tidur

(dan menulis puisi
tentang cinta yang menolak kita
dan masjid tetapi masjid
tidak sanggup menerima juga
berbelas kepala satu kasur)

nyarap baru dimulai, britney, aku masih mau 
tempe kering, sate usus, teh manis dingin
ruang menipis di ubin kita berpijak
parkiran selalu penuh 

(dan berbicara denganmu
tentang cinta yang enyah
dan puing-puing keruntuhannya
tidak sanggup kita binasakan juga
endapan ribuan hari dan malam)

2024

nota untuk tahun-tahun tanpamu

pagi dingin yang burung-burung menjerit. ayam geprek sambel jeruk. anggur murah. sampo Jepang berwarna pink. kita yang au ah gelap. badminton tanpa net. rekening bank sejumlah ati ampela. buku-buku berat terkunci di ransel. teh manis dingin ¾ habis

malam-malam panjang tanpa kita.

2024

begini bagaimana aku hidup sekarang

jika kau bertanya. beda dengan dulu, aku bangun setiap pagi, seringnya tepat sebelum pukul enam. lalu aku membasuh muka. minum air putih dingin dari kulkas (ya, sekarang aku punya kulkas!). minum obat. beda dengan dulu, aku membaca literatur Marina sampai pukul sembilan. mandi, kalau air mengalir, karena kontrakanku yang sekarang sering mati air. bekerja dan mengerjakan tugas sampai pukul empat. bisa di rumah, bisa di kafe, atau mana saja, tergantung tanggal. makan kalau sempat atau buntu menulis. beda dengan dulu, sekarang aku masak beberapa kali, biarpun nggak banyak. malam, aku jeda bekerja dan mulai ke luar. untuk karangdunyo, untuk diriku sendiri, untuk proyek yang biasa-biasa saja. lalu ketika aku pulang, dan minum obat, dan aku tidur, atau, kecuali ada yang masih ingin kulakukan, seperti merevisi tulisan, baca buku baru, atau ada pertemuan yang lain. jika kau bertanya. agak beda dengan dulu.

2024


Penyelaras Aksara: Arlingga Hari Nugroho
Foto sampul: Wisnu Arya Bima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts