Dampak Positif Munculnya Corona Covid-19 di Dunia

Dampak Positif Munculnya Corona Covid-19

Sejak muculnya pandemi global Virus Corona Covid-19 pada awal tahun 2020 hingga kini, dunia seketika mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari sektor ekonomi, sosial, budaya, hingga kondisi lingkungan alam.

Dilansir dari wikipedia.org, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai 3,5 juta orang dan total kematian berjumlah 247 ribu jiwa. Dengan melihat jumlah korban yang terus meningkat setiap harinya, pandemi ini tentu menjadi sesuatu yang menakutkan bagi setiap orang di dunia.

Namun, selain berdampak buruk, pandemi Virus Corona Covid-19 juga memiliki dampak positif bagi kehidupan. Apa saja dampak positifnya? Berikut informasi selengkapnya.

Dampak Positif Corona Covid-19 bagi Lingkungan Alam

Ketika banyak negara menerapkan physical distancing guna memutuskan mata rantai Virus Corona Covid-19, kondisi lingkungan alam seketika berubah. Selama dua bulan terakhir emisi karbon dioksida (CO2) dan nitrogen dioksida (NO2) menurun secara drastis akibat pembatasan laju transportasi serta banyaknya penutupan pabrik yang dilakukan.

Dilansir dari kumparan.com, tingkat polusi udara di New York berkurang hampir 50%. Sementara di Hong Kong, polutan partikel halus PM2.5 menurun 32%. Di samping itu, Kementrian Ekologi dan Lingkungan Cina mengatakan bahwa kualitas udara di negaranya naik 11%.

Kabar gembira juga datang dari Kota Venesia, Italia. Kanal-kanal di kota tersebut tampak lebih bersih dan jernih. Beberapa hewan seperti ikan dan angsa mulai terlihat kembali di sekitaran kanal Venesia.

Dampak Positif Corona Covid-19 bagi Kehidupan Sosial

Munculnya pandemi Virus Corona Covid-19 di dunia membuat banyak orang bersatu dan melakukan aksi solidaritas. Penggalangan dana gencar dilakukan di berbagai platform untuk menolong para korban yang paling terdampak. Salah satunya Aksi Musisi Konser #dirumahaja yang dilakukan oleh Najwa Shihab dan puluhan musisi Indonesia melalui situs narasi.tv.

Tidak hanya itu, kerja sama secara global antar setiap negara pun mulai dilakukan. Warga Israel dan Palestina yang kerap kali berseteru, kini telah bersatu memerangi pandemi Virus Corona Covid-19.  Italia juga dibantu oleh Cina dengan sejumlah dokter dan tenaga ahli Kesehatan. Demikianlah cerminan manusia adalah makhluk sosial.

Orang Semakin Sadar akan Pola Hidup Sehat

Dengan adanya wabah covid-19 ini, banyak orang menjadi sadar akan pentingnya hidup sehat. Gaya hidup pun seketika berubah; banyak orang yang mulai rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, mengatur pola makan, hingga berolahraga. Tentu kesadaran ini sangat bermanfaat dan bernilai positif bagi kehidupan dunia di masa mendatang.

 

Editor: Kabrina Rian

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts