Mengulang Sejarah bersama Event Cadas JogjaROCKarta Festival 2022

Superman Is Dead tampil hari pertama di JogjaROCKarta Festival 2022, Sabtu (24/9). (SudutKantin/Andi Afro)

JogjaROCKarta Festival 2022 mengusung tema Histories Continues bagaimana sejarah itu harus berulang.


Jogja adalah salah satu kota yang akan menjadi pilihan para wisatawan untuk berlibur. Bukan hanya karena seni, budaya dan kulinernya, juga begitu banyaknya event musik yang sering diselenggarakan di kota tersebut. Salah satu event rock yang ditunggu-tunggu adalah JogjaROCKarta Festival.

Event yang sudah berlangsung sejak tahun 2017 dan diinisiasi oleh Rajawali Indonesia.

Di tahun 2022 ini JogjaROCKarta Festival mengusung tema Histories Continues bagaimana sejarah itu harus berulang. Sempat vakum selama 2 tahun karena pandemi, JogjaROCKarta Festival selalu berinisiatif untuk membuat event internasional dengan mengundang band-band dari luar negeri. Walaupun pada awalnya, bintang tamunya hanya terdiri dari band-band rock Indonesia saja.

Sebelumnya, Rajawali Indonesia pernah mengundang beberapa band-band besar seperti Dream Theater, Megadeth, Scorpion, Whitesnake, dan Extreme. Stadion Kridosono dan Candi Prambanan menjadi tempat langganan diadakannya event ini.

JogjaROCKarta Festival 2022 kali ini rencananya akan mengundang Hoobastank, tetapi sayang band yang terkenal dengan lagu ‘The Reason’ itu gagal manggung di festival tahunan ini. Hal ini lantaran sang gitaris mengalami patah kaki saat akan berangkat ke Indonesia.

Suasana festival musik JogjaROCKarta 2022. (SudutKantin/Andi Afro)

 JogjaROCKarta di Tebing Breksi

JogjaROCKarta Festival 2022 Histories Continues kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dari segi tempat, perhelatan ini diadakan di Tebing Breksi yang masih berdekatan dengan Candi Prambanan. Pemilihan tempat di Tebing Breksi dapat mewakili konsep dari arti rock yaitu batu itu sendiri karena dulunya berasal dari endapan abu vulkanik gunung api purba Gunung Semilir. Ditambah lagi, akses menuju Tebing Breksi yang menanjak dan cukup jauh jadi alasan sendiri kenapa acara ini diselenggarakan di sana.

Tidak berhenti di situ, perbedaan JogjaROCKarta Festival tahun ini menghadirkan tidak hanya satu panggung, tetapi tiga panggung. Panggung tersebut terdiri dari Arena Rock, Panggung Petir, dan Main Stage.

Tentunya ada maksud tersendiri kehadiran tiga panggung tersebut. Pertama, JogjaROCKarta Festival 2022 menggandeng banyak sekali band lokal Jogja untuk tampil. Kedua,  dengan adanya tiga panggung tersebut, penonton dapat menikmati suasana Tebing Breksi dengan menyusuri segala penjuru yang ada di dalamnya.

Apalagi saat malam hari, tembakan cahaya lampu ditujukan ke tebing yang menjulang megah di belakang Main Stage dan di sampingnya menjadi pemandang yang dapat dinikmati tersendiri.

Selain itu, Tebing Breksi yang terletak di ketinggian kurang lebih 200 m dari permukaaan laut menambah suasana sejuk dan dingin ketika malam hari. Hal ini sangat cocok dengan event Jogjarockarta Festival karena semua orang akan diajak berdansa, moshing, hingga sing a long bersama.

The Hydrant tampil hari pertama di JogjaROCKarta Festival 2022, Sabtu (24/9). (SudutKantin/Andi Afro)

Daftar Band JogjaROCKarta Festival 2022

Kalau bicara soal line up, JogjaROCKarta menghadirkan band-band dari segala zaman seperti Superman Is Dead, Seringai, Ahmad Band, Burgerkill, Deadsquad, Death Vomit, hingga Voice of Baceprot.

Deretan tersebut berdampingan dengan band yang juga sudah langganan main di JogjaROCKarta Festival seperti Jamrud, Edane, dan Godbless. Semuanya diikat dalam satu acara rock yang cadas dan romantis di Tebing Breksi, Yogyakarta.

Band Internasional Setiap Tahun

Dalam konferensi pers setelah acara berakhir, Anas Syahrul Alimi promotor JogjaROCKarta Festival 2022 mengatakan belum 100 persen karena masih dalam masa transisi. Ia berharap, tahun depan masih diberi kesempatan untuk mengadakan JogjaROCKarta Festival yang keenam. Ia masih ingin menjaga karakter atau tipikal bahwa JogjaROCKarta Festival masih punya image sebagai event yang bisa menghadirkan band-band internasional.

Sungguh sebuah kejutan yang terjadi di Tebing Breksi, Yogyakarta saat itu. Bagaimana hentakan bass drum mengguncang adrenaline penonton yang rindu menonton band idolanya secara langsung.

Kejutan apalagi yang akan disuguhkan JogjaROCKarta Festival tahun depan? Kita tunggu saja sambil dengerin lagu ‘Even Flow’ dari Pearl Jam.

 

Editor: Tim Editor Sudutkantin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts