Wildground Live 2024: Konser Pertama dan Terakhir Sum 41 di Yogyakarta

Konser Sum 41 di ‘Wildground Live’ Yogyakarta bersamaan dengan rangkaian tur terakhir yang akan dilakukan oleh Deryck Whibley cs di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Brand apparel Starcross gelar konser spesial bertajuk Wildground Live dengan menghadirkan band pop punk asal Kanada, Sum 41. Konser spesial ini akan berlangsung pada 2 Maret 2024 di Stadion Kridosono, Yogyakarta dengan menggandeng dua band ternama seperti Endank Soekamti dan Rocket Rockers sebagai band penampil.

Menurut promotor sekaligus founder Starcross, Wiempy Adhari telah mengajukan tawaran kepada manajemen Sum 41 untuk tampil di Indonesia sejak 2023 lalu.

“Kita approach atau offer mereka dari setahun yang lalu, harapannya mereka ada di Wildground Fest November [2023] kemarin,” ucap Wiempy atau yang akrab dipanggil Tebonk, Jumat (26/1).

Meskipun tak berhasil tampil di Wildground Fest 2023, Wiempy mengatakan bahwa kesepakatan mendatangkan Sum 41 di tahun 2024 lebih tepat sebab bersamaan dengan rangkaian tur terakhir yang akan dilakukan oleh Deryck Whibley cs di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Band yang telah aktif bermusik sejak 1996 itu telah dikabarkan hengkang dari industri musik pada Mei 2023 lalu dan akan melakukan tur terakhir.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap para penggemarnya, Sum 41 kemudian menggelar tur dunia bertajuk “Tour of The Setting Sum – Final Tour”. Bagi Wiempy, ini sekaligus jadi kesempatan terbaik untuk mendatangkan Sum 41 pertama kali dan terakhir kali di Yogyakarta.

Khusus pertunjukan di Yogyakarta, konser Sum 41 akan dibuka oleh Endank Soekamti dan Rocket Rockers. Dua penampil ini dianggap mampu mewakili warna musik yang sama di era Sum 41 booming di Indonesia pada tahun 2000-an.

“Saya menganggapnya dua band ini yang bisa me-represent di era itu, di mana Sum 41 tumbuh dan masuk ke Indonesia jadi banyak pendengarnya,” ungkap Wiempy.

Bagi Endank Soekamti, ini merupakan kesempatan berharga dapat tampil menjadi band pembuka Sum 41 di Yogyakarta. Diwakili oleh gitaris Dory dan drummer Tony, menurut mereka Sum 41 merupakan band yang memengaruhi proses bermusik Endank Soekamti sejak awal bermusik.

“Senang banget, sangat merasa terhormat juga karena main di kampung halaman dan jadi band pembuka untuk band yang kita idolakan,” ucap Tony pada sesi temu pers di Sinergi Kopi, “Dan memang di era tahun 2000-an saat Soekamti memulai karir, ya memang kiblatnya salah satunya adalah Sum 41.”

Sebagai tuan rumah, Endank Soekamti telah menyiapkan penampilan spesial untuk membuka konser Sum 41 di Wildground Live. Meskipun tidak diceritakan lebih jauh, menurut Tony konser ini akan berbeda dari konser Endank Soekamti sebelumnya.

“Ini salah satu yang sangat kita persiapkan sebaik mungkin. Buat besok, akan sangat berbeda dari konser-konser Endank Soekamti biasanya,” tambah Tony.

Sebelumnya, Sum 41 tercatat pernah tampil di Indonesia pada tahun 2009. Di tahun 2023, Sum 41 juga pernah merencanakan kedatangannya tampil kembali di Jakarta, namun batal karena permasalahan kontrak dengan promotor.

Selain Yogyakarta, Sum 41 juga dijadwalkan akan tampil di Jakarta pada tanggal 1 Maret 2024. Tampil di Uptown Park, Summarecon Mall Serpong, band yang hits dengan lagu Fat Lip itu akan dibuka oleh Ignite (Amerika).


Foto sampul: Sudut Kantin Project

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts