Dari Lagu The Police hingga Foo Fighter, Ini Akun TikTok Untuk Belajar Riff Lagu Keren!

Ilustrasi: Kolase Guitarpowerup oleh Sudutkantin

Sering kali chord dan riff gitar lagu favorit susah untuk ditiru dan dimainkan oleh gitaris pemula. Mampu bermain gitar bisa jadi mimpi setiap pendengar musik sejati, apalagi jika memainkan lagu favorit dengan petikan sendiri.


Seorang lelaki asal Negeri Paman Sam dengan akun TikTok @guitarpowerup telah mengunggah setidaknya lebih dari 240 video berisi tentang guitar hacks serta chord dan riff gitar lagu-lagu hits. Lagu-lagu seperti Blitzkrieg Bop (Ramones), Smells Like Teen Spirit (Nirvana), Purple Haze (Jimi Hendrix), Master of Puppets (Metallica), Back in Black (AC/DC), hingga Everlong (Foo Fighters) tak luput dijadikan bahan edukasi olehnya.

Sembari memangku dan memainkan gitar di setiap unggahannya, ia menampilkan tablature gitar untuk memudahkan penonton mengikuti perpindahan chord di tiap riff-nya.

@guitarpowerup

This blew my dang mind 🤯 #fy #foryou #guitarlessons #guitarlessonsforbeginners #everybreathyoutake #andysummers #guitartok #guitartoks

♬ original sound – Guitar PowerUp🎸Guitar Lessons

Ia memotong dan menampilkan beberapa riff dari lagu-lagu hits untuk memudahkan proses belajar membaca tab gitar dalam durasi waktu tertentu.

Meskipun video yang diunggah di TikTok hanya menampilkan potongan bagian musik tertentu saja, tetapi tak jarang videonya justru mampu meraih jumlah penonton besar. Misalnya, sebuah video yang diunggah pada awal bulan Maret lalu berjudul How The Police recorded “Every Breath You Take” yang telah menjaring penonton lebih dari 414 ribu penonton.

Video ini menjadi sorotan publik sebab menampilkan trik bermain gitar yang mirip dengan versi asli tapi dengan cara yang berbeda. Bahkan, menggunakan potongan spons. Yup! potongan spons pembersih piring!

Sepotong spons ini kemudian diselipkan di antara pick up dan senar gitar. Alhasil, suara senar yang teredam sekilas mampu mendekati tone khas dari gitaris The Police, Andy Summers.

Dikutip dari kolom komentar video tersebut, @guitarpowerup menuliskan bahwa tidak ada yang salah jika menambahkan spons sebagai sebuah teknik untuk mendapatkan tone gitar tertentu. Teknik ini dikenal dengan nama palm mute, yaitu menempelkan tangan ketika memetik senar gitar untuk memberikan efek suara redam pada tone gitar. Namun lelaki dalam video ini mencoba menggunakan spons sebagai alternatif untuk memudahkan bermain gitar.

Ada juga cuplikan video yang menampilkan riff gitar dari tembang hits Foo Fighters, Everlong. Video dengan judul Rate This Song, Part 1: Everlong by Foofighters memperagakan riff gitar pada bagian intro lagu.

Sekilas tentang lagu Everlong, pada tahun 1997, lagu ini pernah populer dan menduduki peringkat kedua penjualan pada Official Rock and Metal Singles Chart yang dikurasi oleh Official Chart Company, sebuah organisasi profesional yang mengompilasi berbagai tangga musik resmi di Inggris.

Mampu memainkan lagu Everlong tentu dapat menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang gitaris. Akun TikTok @guitarpoweup telah membuka jalan itu untuk memudahkan gitaris pemula mempelajarinya.

Selain memberikan tips chord dan riff gitar, sebagai selingan @guitarpowerup juga membuat video singkat seputar tebak-tebakan lagu dengan memainkan riff gitar tertentu. Penonton tidak hanya diajak untuk belajar bermain gitar, tetapi juga diajak untuk menebak dan mengingat lagu-lagu hits yang sering didengarnya.

Jadi, kamu tertarik belajar lagu yang mana dulu nih, sob?

 

Editor: Tim Sudutkantin.com

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts