M Bloc Space: Ruang Publik yang Kini Menjadi Ruang Kreatif Anak Muda

dok. Antonius Ade

Awalnya, M Bloc Space merupakan bangunan milik pemerintah. Sebab itu, nuansanya kini terasa bergaya vintage karena telah berdiri sejak tahun 1950-an. Sebelum seperti sekarang ini, M Bloc Space dulunya adalah Perusahaan Umum Pencetak Uang Republik Indonesia (PT. PERURI) yang saat ini sudah tidak beroperasi kembali.

Dengan sedikit sentuhan pemerintah daerah Jakarta bersama dengan PT Radar Ruang Riang (M Bloc Group), saat ini M Bloc Space menjadi lokasi wisata bagi warga Jakarta ataupun wisatawan luar kota khususnya kawula muda.

M Bloc Space sendiri menjajakan berbagai macam toko dan stand dengan produk lokal yang dinilai dapat meningkatkan kesan yang berbeda, atau hanya sekadar mengabadikan momen-momen bersama teman atau kerabat ketika berkunjung ke lokasi ini.

Mulai dari stand makanan, minuman, merchandise, dan market pun disuguhkan di tempat ini. Feedback yang diberikan pengunjung di tempat ini menjadikan M-Bloc Space menjadi lebih “hidup” dan berkesan bagi mereka yang singgah.

dok. Antonius Ade

Seiring berjalannya waktu, lokasi ini semakin sering digunakan sebagai ruang kreatif bagi para seniman dan kawula-kawula muda. Mulai dari gigs, pameran, screening film, dan kegiatan kreatif lainnya sudah diadakan di lokasi ini. Misalnya, pameran Artsy Chaty, Bloc M Blues, Disco Tower, dan Kelab Film M-Bloc.

Saat ini di M Bloc Space sendiri sedang diadakan event yang bernama “Dolo” yang diadakan oleh alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Dalam pameran ini disuguhkan beberapa karya seni rupa berupa patung dan miniatur yang dibuat dengan bahan dasar resin dan perunggu. Selain pameran, dalam event “Dolo” ini juga mengadakan screening film dan screening dari kanal YouTube Ngobrys yang berbincang-bincang mengenai seni rupa dengan sang seniman yaitu Dolorosa Sinaga.

Ruang yang tidak terlalu besar ini tidak menjadi pembatas bagi mereka yang ingin berkreasi atau merealisasikan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan. Justru ruang yang terbatas tersebut membuat suasananya semakin intim dalam berkreasi.

Bagaimana tidak? Dalam keterbatasan ruang yang ada, bagi mereka pelaku industri kreatif hal ini dapat membuat para pengunjung semakin merasakan karya yang dibuat. Di sisi lain, hal ini juga menjadi pemacu kawula-kawula muda untuk semakin produktif dalam berkreasi. Bentuknya bisa macam macam, mulai dari produk yang dijual, musik, seni rupa, ataupun event-event lainnya.

dok. Antonius Ade

“M Bloc Space ini menurut gue sebenernya lebih ke ruang public ya. Tapi banyak orang yang merespons dengan hal-hal yang kreatif dan ini yang menurut gue bagus sih yang awalnya lokasi ini buat pabrik uang, sekarang bisa jadi creative space buat orang-orang,” ucap  penjaga stand Demajors Jakarta, Gusmar.

Selain menjadi lokasi untuk bersantai, berbelanja, ataupun berfoto ternyata bagi Gusmar M Bloc Space ini memberikan kesan tersendiri baginya.

M Bloc Space sendiri buat gue ya sebagai tempat usaha aja sih karena emang gue dari dulu buka stand ya di sini. Tapi karna banyak orang yang merespons dengan positive jadi saat ini M Bloc Space menurut gue bukan jadi tempat buat jualan aja,  tetapi jadi creative hub buat orang-orang terutama anak-anak muda,” tegas Gusmar.

 

Editor: Sudut Kantin Project

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts