Piyungan: Sesuatu yang Berpusar dari Tepian [Trailer]

Sebuah sorotan akan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh para pemulung TPST Piyungan, khususnya dalam konteks pandemi, dan strategi mereka dalam menghadapinya.


Pandemi menghantarkan kepada kita kerentanan umat manusia yang selama ini luput dan lindap di balik tudung gempita modernisasi. Tak ada pengecualian. Termasuk bagi kelompok-kelompok rentan seperti para pemulung di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Yogyakarta. Selama pandemi, kelompok ini harus bersihadap dengan stigma, kebijakan pengelolaan sampah pemerintah, serta tentu pandemi itu sendiri.

Pemulung kerap diasosiasikan dengan kelompok yang statis, malas, dan berbahaya. Padahal sejatinya, dari jarak yang begitu dekat, kelompok ini punya suara nyaring yang perlu didengar ketimbang suara sumbang “kerja, kerja, kerja-pembangunan!”

Piyungan: Sesuatu yang Berpusar dari Tepian berusaha untuk menggarisbawahi semangat keberdayaan kelompok pemulung di TPST Piyungan. Semangat yang tetap berpusar dan tak dapat dipinggirkan dari sudut mata kita yang tak tergapai.

“Piyungan: Sesuatu yang Berpusar dari Tepian”

Sutradara : Nerpati Palagan
Penulis: Kolektif Dilalah
Produser : Kolektif Dilalah
Penata Sinematografi : Nerpati Palagan
Editor : Nerpati Palagan
Asisten Editor: Laurensius Bagus
Perekam Suara : Laurensius Bagus
Penata Suara : Nerpati Palagan
Riset dan Data: Krisnawan Wisnu, Aloysius Bram
Desain Poster oleh : Laurensius Bagus
Foto Poster oleh : Laurensius Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts